Selasa, 28 Desember 2010

Islam Otak-Otak (Episode 1)


Sekarang, gw akan sedikit cerita tentang perjalanan pemikiran gw. Sebenernya, ini rahasia banget. Ibarat kaos kaki bolong yang malu kalo keliatan. Atau, jempol cantengan yang malu setengah mampus kalo baunya kecium. Halah, apa kek istilahnya. Yang penting, ini secret!

Gw dibesarin dari keluarga yang agamis. Kakek gw dari nyokap, adalah tokoh agama di kampungya. Sejak lahir, gw dibesarin bukan sama orang tua kandung gw. Tapi sama bibi yang udah gw anggep ibu gw sendiri. You know what? beliau bener-bener nekenin gw untuk jadi kyai. Dari keci, gw selalu di doktrin gini "pokoknya kalo udah gede, Rosid harus kuliah di Al-Azhar. biar jadi kyai!"

Karna gw masih imut waktu itu, ya gw manggut-manggut aja. Kalo ada yang tanya Rosid mau jadi apa? gw jawab "mau jadi kyai". Kalo ditanya mau kuliah dimana? gw jawab "di Al-Azhar Kairo". Duh, polos banget deh gw waktu dulu. mana imut pula. hahaha

Udah ketebak, setelah SD, gw langsung dijebloskan kedalam pesantren selama 6 tahun. Bener-bener mengharukan kisah anak imut ini. Setelah gw lulus dari pesantren, gw masuk UIN Jakarta. Gak lebih dari setahun, gw langsung pindah ke Al-Azhar Kairo. kampus yang dari kecil udah sering gw denger, bahkan rektornya aja gw gak tau.

Belum... ceritanya belum selesai.

Yang mau gw bahas, adalah pergelutan pemikiran gw. Keluarga gw kental dengan nuansa Islam Tradisionalis. Kemudian, gw masuk pesantren dengan nuansa tarbiyah (baca: Ikhwah. masih kurang jelas? PKS!) selama 6 tahun, gw besar di pondok ini. Pada titik ini, gw masih enjoy dan gak ada permasalahan dalam diri gw.

Setelah 6 tahun gw mondok, gw lanjutin studi gw ke Kampus UIN Jakarta. Di sana, karena sistem liqo (tarbiyah untuk kader dak'wah) adalah berkesinambungan, gw cari liqo'an baru di kampus itu. Gw masuk LDK (Lembaga Da'wah Kampus). masih dengan Fikroh Ikhwani, gw menjelajah kampus pemikiran bernama UIN.

Di UIN, semua pemikiran ada. Mau yang pro kanan, sampe kiri mentok, lw bakalan dapetin di sana. Pada tahap ini, pikiran gw mulai konslet. berbekal 6 tahun pemahaman pondok, gw sebagai anak baru, mulai berkenalan dengan berbagai "ajaran lurus" di sana. Anehnya, gw bukan kolaps dengan pemikiran Komunis atau Liberal. tapi gw kolaps dengan pemikiran dari orang-orang yang berpaham haroki seperti gw. Tepatnya, pemaksaan doktrin.

Jangan heran, setahun gw di UIN, LDK di sana akrab dengan orang kiri. Kenapa? Karena mereka haus dengan keislaman. Itu gak bisa dipungkiri. Hanya kepentingan saja yang beda. Di titik itu kami malah bisa toleransi, karena LDK bukan organisasi politik kampus (halah, ribet kalo gw jelasin secara detail, pokoknya gitu deh).

Berbeda dengan kelompok haroki lain seperti ***, ***, ***** (maaf, gw gak mau nulis merek disini) gw sering berdiskusi dengan mereka. Dan tau isinya? Adu dalil! Gilaaa, mereka pinter-pinter banget. Sampe gw ngerasa kaya mereka gak pernah nerima ajaran ukhuwah dari Rosul. (Sorry sebelumnya, gw bukan bermaksud menjelek-jelekkan kelompok tertentu. Tapi jujur, gw muak dengan hal seperti ini.

Pernah suatu saat, gw chating dengan seorang dari Salafi. Sekali lagi maaf, gw respek dengan keilmuan orang-orang ini. Tapi gw menyayangkan caranya yang kurang santun. Waktu itu gw negor dia duluan (gw lupa namanya). Kira-kira chat nya seperti ini:
anak imut (gw) : assalamu'alaikum
akh salafi : waalaikumussalam
anak imut : asl pls? (bla..bla..bla.. kita perkenalan dulu sampe kita kenal satu sama lain)
akh salafi : (jreng..gonjreng..gonjreng.. dia nanggepin pertanyaan perkenalan gw sambil sesekali balik nanya)

akh salafi : antum ngaji juga akh?
anak imut : nggak, saya ikhwah (maksudnya tarbiyah)
Waktu itu, gw belum ada setengah tahun keluar dari pondok. Ghirah islam gw lagi berkobar-kobar banget. Dalam hati gw, bakal seneng banget kalo nih orang bisa jadi temen gw. Walau gw ikhwah, gw mencoba mencari teman dari harokah lain. Dengan harapan, mempererat ukhuwah.
akh salafi : owh, ikhwah toh. antum tau buku ini (dia nulis judul buku apa gitu. gw lupa)
anak imut : (karena gw baru brojol dari pondok, mana ngerti gw buku begituan) waduh, nggak tuh akh.

akh salafi : ana udah ngasih buku ini ke ustadz ana, isinya berbahaya banget.
anak imut : berbahaya gimana?

mulailah akh salafi menjabarkan retorikanya. membeberkan bid'ah bid'ah. dan mergokin gw make dalil. karena gw masih polos dan imut, mana ngerti gw sama dalil konteporer. gw cuma bilang "saya gak tau, saya gak tau"

akh salafi: pantes emang faqidu syai' la yu'ti (orang yang gak punya gak akan bisa ngasih) ngejelekin gw, anak imut yang malang ini.

anak imut : istighfar akhi, ana cuma mau berteman sama antum. ngejalin ukhuwah
akh salafi : ukhuwah? nggak la yaw.. (gw lupa redaksinya, yang pasti senada dengan pernolakan)
Gggggggrrrrr......... Bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar