Kamis, 30 Desember 2010

Islam Otak-Otak (Episode 3)

Malem ini, kepala gw sakit banget. Ga tau kenapa. Tapi, gw bela-belain buat nulis blog. Jadi sorry aja kalo isinya mlenyan-mlenyon (kosakata baru bahasa burung). Kali ini, gw mau lanjutin kisah gw yang sempat terputus karena pertandingan garuda. Buat agan dan aganwati yang belum beruntung baca tulisan ane sebelumnya, silahkan klik disini :


4 Desember 2007 akhirnya gw berangkat ke Kairo. Kota indah, eksotis dan penuh sejarah (Rujukan: Novel Ayat-Ayat Cinta -gubrak!-). Gw hafal betul tanggal keberangkatan gw, alasannya gampang, tiap tahun sering ditanya pas bikin visa baru. Hehe... 

Pertanyaan yang memborok di pikiran, gak ilang dengan keberangkatan gw ke kairo. Justru, pertanyaan itu makin mengeristal di pikiran bawah sadar gw, dan akhirnya menjadi mental block tersendiri. Semangat gw mempelajari keislaman memudar. Bukan sekedar pudar, bahkan sampai ke taraf ilfil.

Kalo lw punya phobia (takut sama benda/sesuatu dengan alasan yang gak diketahui, misal: takut sama gelap, takut jarum dll), pasti lw ngerasain gimana gak enaknya penyakit itu. Ngeliat benda yang ditakutin, langsung timbul pikiran macem-macem. Nah, itulah yang gw rasain. Di benak gw, selogan islam cuma alat setiap golongan buat melegitimasi pemikiran mereka sendiri.

Ada yang bilang "bid'ah..bid'ah..bid'ah.." dan menyusun dalil agar ngedukung pemikiran mereka. ada yang bilang "khilafah..khilafah..khilafah.." dan nyusun dalil buat ngedukung pemikiran mereka. Ada yang bilang "jihad..jihad..jihad" dan nyusun dalil buat ngedukung pemikiran mereka. Gw tau niat mereka tulus, tapi cara mereka kurang tepat. Mereka bilang, jalan mereka paling utama, dan kelompok lain ngak sebaik mereka.

Bahkan gw pernah denger orang yang berani bilang gini, "Eh, kamu berani nyanggah ya? ini tuh bukan saya yang bilang lho.. ini Allah yang bilang", sambil nunjuk ke teks berisi dalil-dalil yang disusun oleh mereka sendiri. Gw sepakat, udah jadi aksioma kalo setiap orang pasti berbeda pendapat. Bahkan 'ulama sekalipun, pasti berbeda pendapat. Tapi, kalau sampai bentrok satu sama lain, apa itu wajar ?!.

Dari Kairo, gw mantau perkembangan Indonesia melalui internet. Ngakak gw, ketika ngeliat berita "Ormas Islam ini dan Ormas Islam ini, ricuh karena memperebutkan masjid". konyol! gw ngerasa, orang muslim udah ilang ruh keislamannya. Semua orang tau, Islam memang lagi terpuruk akhir zaman ini. masalahnya, setiap orang mau memperbaiki dengan cara mereka sendiri yang diambil setengah-setengah dari al-Qur'an dan Assunnah. Parahnya, mereka menganggap cara mereka paling sempurna.

Untuk malem ini, segini dulu ya, kepala gw sakit beneran nih. Moga-moga aja gak sampe tepar. Gw gak bermaksud menjelek-jelekkan pihak tertentu dengan tulisan ini. Jangan dulu mengambil kesimpulan dari tulisan ini, karena ceritanya belum selesai. Jadi, stay tune aja ya....

gw kalo lg sakit kepala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar