Selasa, 31 Mei 2011

Untuk Menjadi Orang Besar, Kita Harus Memodel Orang Besar Juga (Bagian 1)

Fuuuuuhhh.....fuuuuuhhh....ngebul banget nih blog. Innalillahi, gak tau deh sejak kapan, gw gak ngegarap blog lagi. Terakhir disentuh, kira-kira dua minggu lalu. Itu juga, biar inget bahan tulisan doang. Whatever deh, intinya, gw minta maaf, buat temen-temen, sodara-sodara, para ustadz, ustadzah, abang tukang tomiyah, supir 80coret, atau siapapun lw yang suka baca blog gw dan gemesss nungguin tulisan gw selanjutnya. Saking gemesnya, sampe majang poto gw di bundaran HI. (Lebayyy!!!!)
Oke gusy, gw kemaren punya cerita menarik. Punya pasal (sebenernya gw gak ngerti kalimat "punya pasal" itu artinya apa. tapi buat keren-kerenan, ya ga apa lah. cmiw), pak Saiful Bahri berhasil meraih gelar doktoralnya. nah, gw dan beberapa temen dari FLP, menggunjungi beliau. eits, tunggu dulu, kedatangan kita bukan sekedar ngabisin cemilan. Tapi, emang bener-bener niat buat ngambil hikmah dan taujihat dari beliau. (Ngabisin cemilan itu tujun kedua. piss pak :-P).

Hmm, sebelumnya, gw pernah pulang bareng beliau, dan bincang-bincang sebentar di dalem mobil. Jadi, beliau cerita, kegemaran beliau itu menulis diary. Bukan sembarang nulis. Tapi beliau benar-benar ngukur kemampuan. Salah satunya, mengkalkulasi waktu yang dihabiskan buat menyelesaikan targetnya. Contoh: ketika beliau ditanya, berapa lama anda menyelesaikan desertasi anda? Apa jawab beliau? Dua ribu jam! Yap, beliau mengukur waktu bahkan sampai menit terkecilnya.

Lagi, beliau bertutur, "saya menyelesaikan desertasi saya, itu menggunakan jam kerja. Jadi, saya menghabiskan waktu di depan komputer buat ngetik, ya make jam kantor. kalau enggak gitu, gak akan beres". Untuk masalah finansial, beliau bilang, "saya ngelanjutin S3 itu sebenernya modal nekat. karena saya gak ada pemasukan sama sekali. Tapi, ternyata, rizki Allah itu emang luas, saya pergi ke Eropa dua kali, dan saya mendapat beasiswa dari.. (duh, gw lupa dari mananya). Kalau dijumlah, ya lebih dari 1000 dollar. Itu gaji saya dari Allah".
Very inspired bukan? dan gw menyimpulkan, setiap orang yang survive di Azhar, itu karena di dalem pikiran mereka, studi jadi prioritas utama. Inget nih studi jadi prioritas utama. bukan berarti gak bisnis atau gak berorganisasi, tapi, kepiawaian mereka untuk bagi waktu dan memposisikan studi di peringkat awal.

Untuk selanjutnya, gw dapet tugas khusus neh, buat mengupload desertasi belau dan membagikan link downloadannya. Hahay, nantikan ya, edisi selanjutnya tulisan ini. Insya Allah lengkap dengan link desertasi beliau :-D







Tidak ada komentar:

Posting Komentar